Jadi anak jangan suka ngeluh

Kerja sambil kuliah. Pernah ga sih ngebayangin gimana rasanya ngerjain 2 aktifitas di waktu yg sama, dengan tanggung jawab yang sama?

Awalnya saya juga gangerti-ngerti amat sih makna kuliah sambil kerja, eh kerja sambil kuliah, eh ya apapun lah ya.

Sekitaran bulan maret atau april, banyak banget orang yang nanya.

“Des kamu mau kuliah?”

Saat itu saya sedang bekerja di salah satu software house di bandung.

Terus, ya saya jawab “Ya pengenlah”.

Dengan sangat antusias, saya ceritain kalo saya lagi nabung buat uang pendaftarannya, terus saya juga ceritain kalo saya semangat banget kuliah dan sambil kerja juga. Ya intinya sih gamau ngerepotin orang tua gitu. Bzzzzz, sampai 2 minggu awal perkuliahan saya masih semangat kuliah dan kerja.

Tapi udah jalan 3 minggu perkuliahan, ada rasa yang beda. BUKAN MALES KULIAH ATAU KERJA ! Tolong digaris bawahi, BUKAN sama sekali! Tapi saya ngerasa ada yang kurang, saya ngerasa cape dan penuh banget, penuh disini maksudnya otak saya olab (kepenuhan). Apalagi kalo udah hari selasa dan rabu, itu tuh berat banget rasanya, bawaanya pengen galau teruuuuus -___-

Sempet keingetan, waktu salah satu kaka pengajar saya waktu di tempat PKL (praktek kerja lapangan) bilang gini:

A: “Des kamu mau kuliah ya?”

S: ”Iya kang hehe doain ya”

A: “Cieee, mau kuliah dimana rencanya?”

S: “Ya cobain SNMPTN dulu, semoga keterima di ITB hahaha”

A: “Terus berenti kerja gitu?”

S: “Ya ngga atuh kang, sambil kerja. Jadi kerjaan kantor dibawa kerumah gitu”

A: “Hmmm, cape loh Des”

S: “Ya mau gimana lagi kang, ya harus ada usahalah buat sukses mah”

Saat itu jujur, saya tidak percaya-percaya banget kalo saya bakal cape, kalo dipikir-pikir kan cuma kuliah, terus kerjaan kantor dikerjain pulang kuliah. (ya ini salah satu kesombongan yah, jangan ditiru haha)

Nah dari so-soan inilah saya jadi kepikiran sendiri. Ngapain ya saya kuliah? Hahaha ababil yah, tapi beneran inget juga kata temen saya gini.

“Kalo aku sih kata orang tua aku, kalo udah dapet kerja mah ya udah kerja aja”

Dan ini kata mama aku, “Orang tuh kuliah biar dapet kerja, nah kamu kan udah kerja.”

Ya  entahlah, tapi dari dulu saya emang udah ngebet banget pengen kuliah, dari kecil loh.

Boleh percaya ato ngga, dulu waktu SD saya tuh udah bilang ke kaka sepupu saya, “Ka, aku mah nanti mau kuliah sambil kerja ah”

Terus kata dia, “Emangnya gampang, susah tau. Udah sih kuliah mah kuliah aja gausah macem-macem”

Dalam hati saya, “Kalo saya bisa kuliah doang sih, saya bakal kuliah ngapain juga mikir-mikirin kerja.”

Tapi ini masalahnya, dari dulu mama saya emang ga terlalu setuju saya kuliah. Maklumlah pikirannya masih zaman dulu banget. Kata mamah, “tuh liatin, kaka-kaka kamu udah pada sarjana juga gajinya segitu-segitu aja, ngapain kuliah-kuliah ngabisin uang”. Naas banget kan nasib saya -_____-

Tapi semakin digituin, keinginan saya untuk kuliah malah jadi tambah besar. Sampai sekarang akhirnya saya bisa kuliah sambil kerja seperti keinginan saya dulu. Dan memang ga mudah, memulainya gamudah dan  menjalaninya sampai selesaipun pasti ga kalah berat.

Sampai akhirnya saya ambil pelajaran, ya apapun keinginannya dan sudah kesampaian, itu tuh emang udah takdir, udah berkat dari TUHAN. Kalo TUHAN udah nunjukin jalan itu, lanjutin aja, pasti itu baik. (Udah kaya pengkotbah gini =D ). Jadi yang harus saya lakukan adalah melanjutkan semuanya sampai selesai untuk mendapatkan hasil manis di akhir (amiiin).

Pernah denger ungkapan, “Kalo mau dapet hal besar, lakukan hal-hal besar yang gamudah untuk dilakukan. Jangan pernah berharap mendapatkan hal-hal besar kalau kamu tidak mau bersusah payah untuk melalui yang sulit.”

Semangaaaat lagi nih hehe.

Terus tambahan nih ya, buat anak-anak/temen-temen saya yang kuliahnya dibiayain full sm orang tua, jangan ngeluh aja. Tugas banyaklah, betelah, dosen nyebelin lah, itu mah keluhan anak SD! Harusnya kalian lebih fokus dan lebih maju dibanding mahasiswa-mahasiswa yang konsentrasinya terbagi juga buat bekerja. Jadi jangan mau kalah ! Semangat semuanya buat mahasiswa-mahasiswi😀

Leave a Reply

