Kenapa?

“Yang itu berat, udah kamu bawa yang ini aja, ini ringan ko”, kata seorang pria dengan lembut sembari tersenyum.

“Ngga apa-apa, aku bawa yang ini saja”, kata ku sambil ingin membawa kardus yang terlihat besar.

Kamu mungkin bertanya kenapa, kenapa ingin bawa yang berat jika bisa bawa yang ringan? Aku sendiri pun sebenarnya bertanya pada diri sendiri, ‘kenapa kamu menyusahkan dirimu sendiri’?

Tapi ini bukan sekedar memilih, bukan hanya ada aku dan pria lembut itu. Disana, di dekatku ada seseorang lagi yang bilang, “bantu aku membawanya, aku ingin membawanya”, sambil menunjuk kardus besar dan berat itu.

Aku takut untuk bilang tidak, aku takut sekali menyakitinya. Sampai akhirnya aku bernegosiasi dengan hatiku dan akhirnya membantu dia membawa itu. Aku mencoba mengangkatnya, tapi itu terlalu berat sampai membuat hatiku rasanya sesak dan ingin menangis. Aku berdiam diri dan mencoba lagi untuk membawanya, tapi, tanganku terkilir. Aku merasa sakit, sakit sekali, tapi aku tidak ingin menyalahkan dia yang meminta bantuanku, aku menyayanginya. Aku akhirnya menyalahkan diriku sendiri, ini salahku, coba saja aku tegas bilang bahwa aku ingin menanggung yang ringan itu, pasti tidak akan jadi begini akhirnya. Jika saja aku tidak terlalu pengecut untuk berkata tidak, mungkin akhirnya akan jauh lebih baik. Aku tidak akan terkilir dan merasa sakit, dia pun tidak akan merasa bingung dengan wajahku yang berusaha menahan sakit.

“Ayolah”, kata pria lembut tadi kepadaku. Saat aku menangis dan menyesali apa yang kulakukan, ia dengan penyayang mengulurkan tangannya padaku.

Tapi aku lihat lagi dia yang ku sayangi, yang semula meminta bantuanku membawa kardus berat itu. Aku melihat dia, dia kebingungan….

Aku ingin, dia ikut menanggung hal ringan yang ditawarkan pria lembut tadi padaku dan aku yakin telah ia coba tawarkan juga pada dia yang ku sayangi, tapi… Dia tidak pernah menyadari bahwa itu ringan, dia bilang, itu menyakitkan! Itu pasti hal buruk! Bahkan itu tidak pantas didekati apalagi disentuh!

Lalu, menurutmu apa yang harus ku lakukan?

Leave a Reply

