Inilah Aku…

matius 7

Inilah aku dengan segala keterbatasan dan ketidaksempurnaan.
Aku, aku yang terus menghakimi orang lain dalam hatiku,
menimbang-nimbang kesalahannya dan menganggap diriku sempurna

Akulah si “munafik” yang dikatakan dalam Kitab Matius pasal 7.
Akulah si munafik yang terus berdalih dan merasa diri paling benar
Akulah si munafik yang selalu menganggap dirikulah yang terutama
Akulah si munafik yang kesal melihatnya bermuka dua
Padahal aku sendiri bermuka lima

Akulah si munafik yang terus terlena akan kelancaran
Sehingga akhirnya tidak mawas diri dan tertikam oleh kemunafikanku sendiri
Akulah si munafik yang terus bertingkah seenaknya dan menyakiti hati orang lain
Akulah si munafik yang terus menerus menganggap diriku pintar
Akulah si munafik yang selalu ingin tampil menunjukkan diri
Akulah si munafik yang bahkan tidak sadar bahwa aku adalah penipu diri
Akulah si munafik yang terus melihat kesalahan orang lain, jerami dimatanya
Padahal akulah yang memiliki kesalahan lebih banyak, ada kasau di mataku sendiri

“Orang munafik! Keluarkanlah dahulu kasau dari matamu sendiri,
kemudian engkau akan melihat dengan jelas bagaimana mengeluarkan jerami dari mata saudaramu.”, kata Yesus keras….
Aku merasa, Yesus sendiri sedang menegurku
Aku memandang dan terus memandang rendah diriku
Aku tertunduk, bahkan hatiku merasa lelah
Lelah oleh tingkahku sendiri, lelah dengan diriku

Akulah si munafik yang tak tahu malu,
Karna bahkan setelah melakukan itu semua,
Masih saja menganggap diriku rendah hati karena setidaknya mau mengakuinya
Padahal akulah manusia munafik yang paling tinggi hati
Karna bahkan orang sombong pun tidak pernah mengaku ia rendah hati
Tapi aku? Cih! Aku dengan tinggi hatinya berkata “aku rendah hati
Inilah aku, si munafik yang baru tahu diriku yang sebenarnya.

Leave a Reply

